Banner

Cegah Meluasnya DBD, Pemdes Kelaten Bersama Tim Kesehatan Lakukan Fogging

Centralberita - Februari 16, 2024
Cegah Meluasnya DBD, Pemdes Kelaten Bersama Tim Kesehatan Lakukan Fogging
  Centralberita
Penulis
|
Editor
Bagikan ke:

LAMPUNG SELATAN (CB.ID) – Pemerintah Desa (Pemdes) Kelaten Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan dan petugas Puskesmas Rawat Inap (PRI) Penengahan Lakukan giat mengantisipasi meluasnya atau merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan melaksanakan Fogging atau penyemprotan ke lingkungan warga di Dusun 03 Sidodadi Desa Kelaten pada Jum’at (16/2/2024).

Kepala Desa Kelaten Abah Toto mengatakan, ada sekitar 10-an warga di Dusun Sidodadi dan Dusun Karang Anyar Desa Kelaten yang terserang DBD dan dirawat di RSUD Bob. Bazar SKM Kalianda. Namun saat ini 10 warga tersebut telah pulang. Karena itulah, untuk mencegah penyebaran DBD, pihaknya meminta petugas puskesmas untuk melakukan fogging.

“Kami  berharap dengan fogging ini bisa membunuh nyamuk penyebab terjadinya DBD dan menjadikan warga setempat bisa lebih tenang dan tidak panik atau khawatir dengan ancaman DBD. Karena ini yang ketiga kalinya,” kata Kepala Desa Kelaten Abah Toto, disela fogging.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dan melakukan 3 M yakni mengubur barang bekas, menutup penampungan air dan menguras penampungan air.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Penengahan, Abdul Muis menambahkan, fogging dilakukan hanya untuk membunuh nyamuk dewasa dan kurang efektif untuk  mengatasi penyebaran  nyamuk aedes aegypti. “Yang efektif adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pemberantasan sarang nyamuk,” ujarnya.

Abdul Muis menjelaskan, sebaiknya memberantas sarang nyamuk dilakukan seminggu sekali, karena  perputaran dari telur ke nyamuk  dewasa itu waktunya seminggu.  “Sehingga program Jumat Bersih (Jumsih) di desa-desa harus digalakkan lagi. Terlebih sekarang musim penghujan,” ujarnya. (*/)

Tinggalkan Komentar