Banner

Dukung Sektor Pariwisata Lampung, Pemprov Perbaiki Akses ke Destinasi Wisata

Centralberita - Februari 1, 2024
Dukung Sektor Pariwisata Lampung, Pemprov Perbaiki Akses ke Destinasi Wisata
  Centralberita
Penulis
|
Editor
Bagikan ke:

PROVINSI LAMPUNG (CENTRALBERITA.ID) – Provinsi Lampung memiliki banyak lokasi destinasi pariwisata, terutama wisata bahari yang dapat dikunjungi.

Untuk mendukung infrastruktur pariwisata di Lampung, pemerintah provinsi (pemprov) setempat pun fokus membenahi akses jalan ke destinasi pariwisata.

Tahun 2024, Pemprov Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) setempat memperbaiki ruas-ruas jalan menuju destinasi wisata.

Kepala Dinas BMBK Lampung M. Taufiqullah mengatakan, tahun 2024 pihaknya mendapat Rp 435,9 miliar untuk pembangunan fisik, baik jalan maupun jembatan.

Ada 43 kegiatan perbaikan jalan, berupa 42 ruas jalan berstatus milik provinsi dan satu non ruas yang masuk aset pemprov, yaitu terminal Mulyojati.

Kemudian, lanjut M. Taufiqullah, ada 12 jembatan yang ditangani tahun 2024 ini. Baik pembangunan maupun rehabilitasi.

Dari, 43 kegiatan perbaikan jalan di 2024, ada beberapa ruas yang dibangun atau dilakukan perawatan menuju destinasi-destinasi wisata Bahari Lampung.

“Kondisinya saat ini masih gravel atau masih batu belum tertutup aspal. Tahun ini kita tutup pengerasan dengan konstruksi rigit,” ujar M. Taufiqullah, Kamis 1 Februari 2024.

“Penggunaan konstruksi rigit karena daerah tersebut berbukit-bukit, maka pakai konstruksinya rigit yang cocok,” sambungnya.

Kemudian ruas Umbar-Putih Doh yang juga memiliki daerah wisata pinggir pantai dengan kondisi jalan yang masih gravel akan diperbaiki.

Lanjut M. Taufiqullah, pihaknya juga melakukan pemeliharaan jalan menuju destinasi wisata dari Jl. R.E. Martadinata-Lempasing, Lempasing-Padang Cermin, dan Padang Cermin-Kiluan.

“Jadi kalau saudara kita seperti dari Palembang mau berwisata ke laut mereka bisa banyak alternatif, tidak hanya ke Pantai Mutun,” tuturnya.

“Dengan akses jalan yang baik di teluk Pesawaran itu, bisa ke Pantai Ringgung, Pantai Klara, dan lainnya. Jadi kita buka aksesnya, supaya tidak bosan,” ungkapnya.

Begitu juga untuk daerah Pesisir Selatan melintasi pinggir pantai sampai ke Kota Agung yang saat ini masih onderlagh akan diselesaikan secara bertahap.Diketahui, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus mempromosikan dan mendorong agar destinasi pariwisata Lampung semakin dikenal di nasional maupun mancanegara.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa Provinsi Lampung mempunyai banyak destinasi wisata, mulai dari surfing di Tanjung Setia, Kru; Anak Gunung Krakatau; Taman Nasional Way Kambas; Teluk Kiluan; Pahawang; hingga Bakauheni Harbour City yang dapat dikunjungi.

Beberapa waktu lalu telah dibuka penerbangan perdana langsung untuk rute Lampung-Bali (PP) oleh maskapai AirAsia dan rute Lampung-Yogyakarta-Bali oleh maskapai Lion Air.Rute penerbangan baru ini diharapkan Gubernur Arinal untuk mengkoneksikan destinasi-destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing, terutama di Lampung. Agar semakin meningkat kunjungan wisatawan ke Lampung.(*)

Tinggalkan Komentar